home Berita Terkini, Bus & Truk Sinergi Foton-Daimler Lahirkan Beijing Foton Daimler Automotive Co, Ltd.

Sinergi Foton-Daimler Lahirkan Beijing Foton Daimler Automotive Co, Ltd.

Mobkom-image-Sinergi Foton-Daimler Lahirkan Beijing Foton Daimler Automotive Co Ltd
Auman Dump Truck

Daimler AG (Daimler) dan Beiqi Foton Motor Co, Ltd (Foton), sejak 18 Februari 2012 lalu telah sepakat bersinergi membentuk sebuah perusahaan patungan bernama Beijing Foton Daimler Automotive Co, Ltd.

Peresmian kerjasama Daimler-Foton saat itu dihadiri beberapa petinggi dari kedua belah pihak. Seperti Andreas Renschler selaku Anggota Dewan Manajemen Daimler merangkap Kepala Divisi Daimler Truk, Ulrich Walker selaku chairman dan CEO Daimler Asia Timur Laut Ltd, Xu Heyi sebagai Ketua BAIC Group serta Wang Jinyu yang berkedudukan sebagai General Manager Foton.

Beijing Foton Daimler Automotive Co, Ltd sebagai perusahaan patungan Daimler dan Foton ini, didirikan dengan total investasi 6,35 miliar Yuan dan modal yang terdaftar sebesar 5,6 miliar Yuan. Foton maupun Daimler memegang komposisi modal yang sama, yaitu 50% untuk masing-masing pihak.

Usaha patungan ini akan memproduksi varian truk heavy duty seperti Auman, serta Mercedes-Benz OM457 dengan power 490 dk dan sudah berstandardisasi emisi Euro V. Semua varian tadi sama-sama dibekali mesin heavy-duty di bawah lisensi Daimler.

“Kerjasama ini menandai Daimler Truk telah mengambil langkah lebih jauh ke depan dalam era globalisasi, yang diperkuat dengan pertumbuhan bisnis yang sangat pesat di Cina. Dengan ekuitas 50% dari perusahaan patungan ini, akan meningkatkan peran kami di pasar truk Cina,” jelas Andreas Renschler, Anggota Dewan Manajemen Daimler dan Kepala Divisi Daimler Truk.

Renschler juga menambahkan bahwa dengan beroperasinya joint venture ini, Daimler AG telah menunjukkan kepada dunia luar bahwa pihaknya telah menghormati komitmen dengan menerapkan strategi global truk Daimler secara tertib.

“Usaha patungan ini akan membawa Daimler dan BAIC Group ke tahap yang baru, dan akan meningkatkan kerjasama strategis kami di masa yang akan datang,” kata Xu Heyi, Ketua pemegang saham terbesar BAIC Grup Foton.

“Usaha patungan dengan Daimler adalah pilihan strategis Foton untuk pengembangan jangka panjang, sekaligus akan membantu mempromosikan pengembangan bisnis Foton Auman baik kategori menengah maupun heavy duty. Kedua pihak akan mengambil kesempatan untuk mencari kerja sama luar negeri, dan pembentukan perusahaan patungan akan membantu mempercepat globalisasi Foton,” beber Wang Jinyu, General Manager Foton.

Daimler Truk sendiri merupakan produsen global terbesar di dunia untuk truk 6 ton, dan memiliki lima merek truk termasuk Mercedes-Benz, dengan jaringan truk tersebar di 28 negara dan produknya telah dijual ke lebih dari 180 pasar di dunia.

Foton sendiri adalah produsen kendaraan komersial yang tumbuh pesat, dan telah menjadi produsen kendaraan komersial terbesar di Asia. Saat ini, kendaraan komersial Foton menikmati potensi besar di pasar dunia.

Daimler lebih unggul dalam merek, teknologi serta produk high-end menengah, serta komoditas truk heavy-duty  miliknya. Sementara Foton menikmati keuntungan dalam teknologi, produk dan biaya. Kedua pihak secara strategis saling melengkapi dalam hal produk.

Dengan demikian Cina terbukti menjadi pusat untuk mengembangkan produk kendaraan komersial untuk pasar global,  dan akan terus meningkatkan manfaat produk, konten teknis, kinerja biaya serta kualitas dari produk yang dihasilkannya.(TON)

Editor : Antonius Sulistyo

 

Tinggalkan Balasan