home Berita Terkini Permintaan Kopaja AC Meningkat, Pemprov DKI Jakarta Tambah Armada

Permintaan Kopaja AC Meningkat, Pemprov DKI Jakarta Tambah Armada

Mobkom-Image-Umum- Dinas-Perhubungan-Telah-Meresmikan-Kembali-Kopaja-s-620 (3)
Armada Kopaja AC

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menambah armada Kopaja S-602 jurusan Ragunan-Monas, lantaran permintaan masyarakat akan transportasi umum yang aman dan nyaman kian meningkat. Bertempat di terminal Ragunan, Jaksel, (5-Juni) lalu, Udar Pristono selaku kepala Dishub DKI Jakarta, meresmikan pengoperasian bus AC ukuran 3/4 itu.

Rencananya Kopaja AC S-602 akan digelontor sebanyak 50 unit, namun pada peresmian kali ini baru sebatas 15 unit yang dioperasikan untuk umum.

“Kopaja ini merupakan feeder busway yang akan beroperasi melewati daerah-daerah pemukiman, setelah itu masuk ke jalur utama seperti Ragunan menuju Buncit,” ungkap Udar.

Setelah sampai di daerah Buncit Raya, lanjut Udar, Kopaja ini akan masuk ke jalur busway. Metoda integrasi antara Kopaja dengan busway ini, akan memudahkan penumpang untuk melanjutkan perjalanan menggunakan busway sesuai rute yang dituju, tanpa harus mengeluarkan biaya lagi.

Kopaja AC S-602 mengambil rute Ragunan, Buncit Raya, Mampang Prapatan, Gatot Subroto, Polda Metro Jaya, Semanggi, Sudirman, MH Thamrin dan Tugu Monas dengan tarif Rp 5 ribu per orang.

Sebelumnya Kopaja AC telah beroperasi di 2 rute berbeda. Seperti P-20 jurusan Lebak Bulus – Senen sebanyak 30 unit, dan S-13 untuk tujuan Ragunan-Slipi dengan armada 20 unit.

“Selain sudah dibekali AC, Kopaja S-602 juga dilengkapi jaringan Wi-Fi dengan kapasitas bangku untuk 20 orang, serta handle untuk pegangan tangan penumpang yang berdiri untuk kapasitas angkut 15 orang. Daya angkut maksimal sekitar 35 orang,” tutup Udar.(Dd)

Editor : Antonius Sulistyo

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan