home Berita Terkini, Teknologi I-Shift; Transmisi Cerdas Milik Volvo

I-Shift; Transmisi Cerdas Milik Volvo

Mobkom-Image-Teknologi-I-Shift;-Transmisi-Cerdas-Milik-Volvo
Transmisi i-Shift milik Volvo

Pabrikan Volvo Truck telah menciptakan sebuah transmisi cerdas, I-Shift, untuk menjawab semua keluhan dari para pengguna kendaraan komersial besar selama ini. Seperti sulit memasukkan posisi gigi serta pemakaian bahan bakar yang terlampau boros akibat putaran mesin tak sesuai.

Transmisi I-Shift memungkinkan penggunanya untuk dapat selalu berada di posisi gigi yang sesuai pada waktu yang tepat. Volvo I-Shift itu sendiri merupakan gearbox mekanis-otomatis 12-speed dua pedal, yang dapat memaksimalkan kenyamanan bagi pengemudi, serta mampu meningkatkan payload dan efisiensi bahan bakar.

I-Shift dirancang untuk dapat bekerja secara mulus dengan semua mesin Volvo. Pengoperasiannya tidak memerlukan pedal kopling, karena proses perpindahan gigi dioperasikan oleh kecerdasan sistem elektronik.

Kecerdasan sistem elektroniknya mengandalkan teknologi mikroprosesor. Hal ini yang memungkinkan I-Shift dapat memantau perubahan kecepatan kendaraan, akselerasi, kebutuhan torsi, berat serta hambatan udara secara terus-menerus. Transmisi ini secara otomatis memilih posisi gigi terbaik di setiap putaran mesin, yang berdampak pada peningkatan efisiensi bahan bakar. Selain itu, sistem driveline juga akan lebih awet dan minim perawatan, lantaran gesekan yang terjadi pada setiap komponen transmisi tak berlebihan.(TON)

Editor : Antonius Sulistyo

Tinggalkan Balasan