home Berita Terkini, Bus & Truk Hino Media Gathering 2013

Hino Media Gathering 2013

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku agen pemegang merek kendaraan komersial (truk & bus) Hino di Tanah Air, menggelar acara bertajuk Hino Media Gathering di Purwakarta dan Sukabumi, Jabar, (12-14 April 2013). Acara yang terselenggara berkat kerjasama HMSI dengan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) sebagai perusahaan manufaktur kendaraan Hino di Indonesia itu, memiliki misi untuk lebih mempererat hubungan baik yang sudah terjalin selama ini, juga sekaligus sebagai ajang memperkenalkan dunia kendaraan komersial kepada insan pers, baik dari sisi teknis maupun dalam hal bisnis serta manufakturnya.

“Diharapkan rekan-rekan media dapat lebih mengenal dan lebih akrab dengan kendaraan seperti truk dan bus. Sehingga ke depannya dapat terjalin kerjasama yang lebih baik lagi, khususnya dalam hal pemberitaan dan promosi,” ungkap Santiko Wardoyo, direktur penjualan dan promosi PT. HMSI yang didampingi Masaki Hanayama, Senior Advisor PT. HMSI.

Hino Media Gathering 2013 yang merupakan acara perdana garapan divisi promosi & event PT. HMSI itu, mengambil spot di dua lokasi terpisah dengan dua agenda kegiatan utama. Agenda pertama di hari Jumat (12 April), sedikitnya 25 perwakilan dari media nasional dan luar negeri mengunjungi plant area PT. HMMI di kawasan industri Kota Bukit Indah Blok D1 No.1, Purwakarta, Jabar.

Pada kesempatan yang tergolong langka bagi awak media itu, pihak Hino Indonesia (PT. HMSI & PT. HMMI) mempersilakan para jurnalis untuk melihat dari dekat, proses pembuatan varian kendaraan komersial Hino Dutro dan Ranger yang diproduksi di areal pabrik seluas 25,5 hektar itu. Tentunya sesi ini tak disia-siakan oleh para jurnalis, untuk mengabadikan aktifitas di tiap line produksi dengan kamera bawaan masing-masing, dan bertanya langsung kepada officer dari PT. HMMI yang mendampingi mereka selama kunjungan berlangsung.

Menurut salah seorang rekan jurnalis yang ikut serta di acara Hino Media Gathering 2013 ini, dirinya merasa takjub ketika mengamati kecekatan para karyawan pabrik dalam merakit satu unit kendaraan. “Sebelumnya tidak pernah membayangkan kalau untuk merakit satu unit truk hanya butuh waktu 11 menit saja, karena saya pikier perlu waktu cukup lama dalam proses perakitannya,” ungkap Gilang Satria, reporter media online MobilKomersial.com yang fokus di bidang pemberitaan kendaraan komersial ini.

Artinya, proses pembuatan satu unit kendaraan truk Hino yang hanya membutuhkan waktu 11 menit tadi, membuktikan bahwa fasilitas termasuk manpower yang dimiliki Hino Indonesia sangat mumpuni. Untuk kualitasnya sendiri tidak perlu diragukan, sebab setiap unit kendaraan komersial Hino yang sudah selesai dirakit, mesti melalui proses QC (Quality Control) yang sangat ketat termasuk road test sebelum kendaraan dikirim ke showroom Hino.

Kapasitas produksi pabrik Hino Indonesia yang mencapai 75 ribu unit/tahun, untuk perakitan kendaraan bermotor serta mesin dan komponen lainnya, tidak sekadar memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri saja, namun juga sudah melakukan ekspor ke berbagai negara. Seperti ke Thailand, Malaysia, Pakistan, dan Taiwan. Untuk pasar Vietnam, PT. HMMI mengekspor truk Dutro dalam kondisi CBU (Completely Built Up).

Pada bulan November 2011, Hino Indonesia mulai mengekspor Dutro versi CKD untuk memenuhi kebutuhan pasar kendaraan komersial domestik Malaysia. Kemudian sejak Februari 2012, Dutro juga diekspor dalam format CBU untuk pasar Bolivia dan Haiti. Hal ini menandakan bahwa produk yang dihasilkan Hino Indonesia diakui kualitasnya di mata internasional.

Agenda kedua di hari Sabtu-Minggu (13-14 April), merupakan sesi yang ditunggu-tunggu seluruh peserta Hino Media Gathering 2013. Sebelumnya peserta diberi pengetahuan dasar seputar truk dan bus Hino. Kesempatan ini mendapat apresiasi positif dari para jurnalis, yang memang kebanyakan lebih paham soal seluk-beluk mobil pribadi/penumpang. Keesokan harinya, mereka diajak berekreasi di alam bebas sambil melakukan aktifitas outdoor seperti permainan paint ball, rafting serta menangkap ikan di kolam arus sungai di Citarik, Sukabumi, Jabar. Menurut Ferdiansyah, Sponsorship & Exhibition Officer PT. HMSI selaku project officer acara ini, seluruh permainan dan aktifitas outdoor yang dilakukan ditujukan untuk lebih mengakrabkan peserta satu sama lain.

Kesan-kesan tak terlupakan pun bermunculan dari benak seluruh jurnalis yang terlibat di acara Hino Media Gathering 2013 ini. Salah satunya seperti diungkapkan Agam Yudha, wartawan senior Tabloid Otomotif. Menurut pria yang identik dengan rambut panjangnya itu, acara gathering semacam ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin PT. HMSI di masa yang akan datiang. “Tentunya dengan kemasan yang lebih menarik lagi,” cetus Agam sapaannya.

Bagi rekan jurnalis yang penasaran dan ingin mengenal Hino lebih dekat lagi, tunggu saja kegiatan bareng Hino Indonesia selanjutnya, tentunya dengan kemasan yang lebih menarik dan menantang. So.. don’t miss it to join with us, fellasADVERTORIAL

Tinggalkan Balasan