home Berita Terkini, Bus & Truk Fitur yang Membedakan Dari Kedua Hino series 700

Fitur yang Membedakan Dari Kedua Hino series 700

Mobkom-Image-Bus&Truk-Hino-Fitur-yang-Membedakan-Dari-Kedua-Hino-series-700
Hino series 700

Dirancang agar mampu menyelami daerah tambang di Kalimantan, Profia dibekali sejumlah fitur agar truk besar tersebut optimal dalam tugas angkut batubara atau tanah. Baik keduanya, Profia ZY 5041 dan ZS 4141 dipersenjatai mesin berteknologi common rail yang membuat mesin lebih irit dan performa yang lebih baik.

Sekilas melihat sosoknya, hal yang paling kentara dari Profia ada di bagian saluran gas buang (stack muffler) dengan posisi vertikal yang terletak di belakang kabin pengemudi. Posisi tersebut memang dirancang agar cocok untuk operasi offroad, khas truk kategori 5.

Selain muffler, fitur lain yang dimiliki kedua model tersebut terletak pada sistem rem. Rem yang dimaksud adalah brake chamber yang diletakkan di atas axle housing, gunanya tidak lain untuk mengindarkan rem tambahan tadi dari kerusakan akibat benturan saat beroperasi di jalan bergelombang, ditambah stabilizer belakang dan pelat penguat disepanjang frame.

Tapi walaupun kedua saudara asal Jepang tersebut telihat sama, tetap ada fitur yang membedakan antara kedua Hino series 700 tersebut. Profia ZS 4141 contohnya, truk 6×4 dengan GWV 41 ton untuk keperluan angkut tanah, menggunakan suspensi taper spring di bagian depan dan axle berkapasitas 9 ton dengan sistem pelumasan oli pada bearing roda.

Fitur lain yang tidak disematkan pada Profia ZY 5041 tapi ada di ZS 4141 adalah penggunaan hub reduction system yang dilengkapi dengan inter axle, inter axle lock dan inhibitor sebagai pengaman dalam pengoperasian dan panel grill yang berfungsi sebagai pijakan kaki untuk memudahkan pengemudi melakukan perawatan kabin.(AGL)

Editor : Gilang Satria

Tinggalkan Balasan