home Berita Terkini Menjaga Kualitas Minyak Rem

Menjaga Kualitas Minyak Rem

Mobkom-Image-Perawatan-Menjaga-Kualitas-Minyak-Rem
Menjaga Kualitas Minyak Rem

Kualitas minyak rem pada kendaraan komersial seperti truk, selayaknya mendapat perhatian lebih dari sopir atau pemakainya kendaraan. Bukan tanpa tujuan, bagian dari sistem pengereman tersebut kerap diremehkan. Sehingga tak heran banyak kecelakaan maut yangdipicu akibat rem blong.

Pasalnya sistem kerja pengereman kendaraan komersial saat ini, juga ditentukan dari kualitas minyak rem yang digunakan. Mengingat cairan ini bertugas mengkompresi piston rem, supaya mampu menekan teromol.

Untuk perawatan minyak rem itu sendiri, idealnya dilakukan setiap 20 ribu km. Mencakup pengecekan minyak rem, seal dan kampas rem berikut sepatunya.

Grade atau tingkatan mutu minyak rem tersedia mulai DOT 3 dan DOT 4, yang keduanya mengindikasikan sifat berikut karakter pada tingkat didih/suhu tertentu.

Minyak rem DOT 3 dapat bertahan hingga suhu 300° Celsius, sedangkan DOT 4 mampu bertahan sampai suhu 400° Celcius. Angka tersebut haruslah disesuaikan dengan pemakaian kendaraan komersial itu sendiri.

“Jika kualitas minyak rem sudah jelek, artinya minyak rem sudah mendidih di bawah suhu tersebut, yang memungkinkan terjadinya gelembung udara pada saluran atau pipa rem. Kondisi ini lah yang menyebakan rem menjadi blong,” ungkap Wawan Kurniawan, Service Manager Mitsubishi Kebon Jeruk, Jakbar.(AGL)

Editor : Antonius Sulistyo

Tinggalkan Balasan