home Berita Terkini, Event Hino Indonesia Gelar Penghijauan di Pesisir Pantura

Hino Indonesia Gelar Penghijauan di Pesisir Pantura

Mobkom-Image-Event-Hino-Indonesia-Gelar-Penghijauan-di-Pesisir-Pantura
Aksi Penghijauan dipesisir pantura oleh Hino

Sebagai tindak lanjut dari acara penyerahan simbolis CSR Hino Indonesia di perayaan HUT Hino ke 30 (17 Desember 2012) lalu, HINO Indonesia merealisasikan bentuk CSR tahun 2012 itu lewat kegiatan penanaman pohon bakau atau mangrove di kawasan pinggir pantai Tanjung Pasir, Teluk Naga, Tangerang pada sabtu, 16 Maret 2013.

Kegiatan ini dilakukan mengingat telah rusaknya hutan bakau atau tanaman mangrove, terutama di wilayah pesisir pantai utara pulau Jawa. Kondisi ini lah yang mendorong PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), untuk melakukan rehabilitasi pantai sekaligus mengurangi pemanasan global melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) ini.

Penanaman pohon mangrove dilakukan langsung oleh Balthasar Kambuaya (Menteri Lingkungan Hidup RI), Solidaritas Gabungan Istri Kabinet Bersatu (SIKIB) yang diketuai Ibu Ani Yudhoyono, Toshiro Mizutani (Presiden Direktur HMSI), Akihito Yamanaka (Presiden Direktur HMMI) beserta karyawan Hino Indonesia.

“Hino peduli dengan kegiatan pelestarian lingkungan seperti penanaman kembali pohon bakau atau mangrove, supaya dapat menghijaukan kembali pinggir pantai pesisir pulau Jawa. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana pemberdayaan masyarakat sekitar, agar dapat menjaga kelestarian hutan bakau serta dapat memanfaatkannya secara alami,” ungkap Toshiro Mizutani, President Director HMSI.

Selain itu, menurut President Director HMMI, Akihito Yamanaka, “Kami mengharapkan penanaman 33 ribu bibit pohon bakau ini dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk melawan pemanasan global. Ke depannya hutan bakau ini dapat dimanfaatkan untuk tambak-tambak udang dan ikan yang alami sesuai dengan habitatnya. Sementara itu, menunggu hutan bakau sampai dapat dijadikan tambak-tambak dan bermanfaat, program CSR HINO ini juga memberi manfaat bagi masyarakat untuk bisa beternak bebek dan ikan bandeng,”

sebelumnya Hino Indonesia memang telah membantu pemberdayaan komunitas petani ikan tawar dan komunitas petani manggis di Purwakarta, Jabar, dengan tujuan mendukung pertumbuhan pertanian buah manggis serta meningkatkan kesejahteraan petani manggis dan kesejahteraan nelayan ikan air tawar di daerah Purwakarta.(TON)

Editor : Antonius Sulistyo

Tinggalkan Balasan