home Berita Terkini Barometer Kemajuan Industri Karoseri Indonesia

Barometer Kemajuan Industri Karoseri Indonesia

Mobkom-Image-Karoseri-Barometer-Kemajuan-Industri-Karoseri-Indonesia
Karoseri New Armada dan Karoseri Gunung Mas

Pameran The 3rd Indonesia International Bus, Truck & Commercial Vehicle Exhibition (IIBT) 2013, yang dihelat di JIExpo Kemayoran, Jakpus, 26-29 Maret lalu, bisa dijadikan salah satu barometer kemajuan industri karoseri di Indonesia. Sebab beberapa pemain karoseri besar yang namanya sudah tersohor di kalangan pemain kendaraan komersial Tanah Air, ikutan memeriahkan pameran khusus bus dan truk tersebut.

Sebut saja karoseri Gunung Mas asal Madiun, yang menghadirkan sosok medium bus versi luxury dengan model Zeppelin. Dirancang tak lazim dari umumnya medium bus yang ada, karena desain eksteriornya memadukan estetika dan faktor aerodinamika.

Adapula pemain besar seperti karoseri New Armada dengan koleksi terbarunya berlabel Evonext, yang menggunakan basic sasis bus Mercedes-Benz.

Kedua perusahaan karoseri tersebut sama-sama mengusung konsep bus pariwisata, dengan fitur kenyamanan untuk penumpang yang semakin diperlihatkan kepada konsumennya. Salah satunya seperti konfigurasi bangku penumpang, dengan pembagian 2 kiri-2 kanan. Hal ini akan berpengaruh pada keleluasaan bergerak bagi penumpang, selama duduk di bangku mereka masing-masing.

Pameran IIBT yang merupakan hasil kerjasama dengan Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO) ini, juga mempunyai misi untuk meremajakan angkutan umum di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk penambahan armada bus TransJakarta secara bertahap di masa yang akan datang.

Kondisi ini lah yang akan memengaruhi kemajuan pasar karoseri di Indonesia, tentunya dengan penambahan kapasitas produksi guna memenuhi permintaan pasar tadi secara berkelanjutan.(TON)

Editor : Antonius Sulistyo

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan