home Berita Terkini, Transportasi Safari Dharma Raya Awali Debut di Rute Pendek

Safari Dharma Raya Awali Debut di Rute Pendek

Mobkom-Image-Transportasi-Safari-Dharma-Raya-Awali-Debut-di-Rute-Pendek
Armada Bus milik PO Safari Dharma Raya

PT Safari Dharma Sakti atau yang lebih dikenal dengan PO Safari Dharma Raya mengawali perjalanannya di Temanggung, Jateng di tahun 1969, dengan nama PO OBL yang merupakan singkatan nama dari pemiliknya, Oei Bie Lay (Darmoyuwono).

Diawal berdirinya, Safari Dharma Raya hanya menjelajahi rute pendek, Magelang-Ngadirejo PP. Baru di tahun 1971 perusahaan jasa angkutan darat ini merambah ke armada bus malam dengan tujuan Temanggung-Surabaya-Malang PP.

Tahun 1984 Safari Dharma Raya memilih untuk memberhentikan armada bus siang dan fokus pada armada bus malam dengan spesifikasi kelas eksekutif dan super eksekutif.  Tahun 1989, dua jurusan dibuka dengan rute Jakarta – Denpasar PP dan Temanggung – Yogyakarta – Denpasar PP.

Untuk mengembangkan rute perjalanan, maka tahun 1997 dibuka rute baru dengan jurusan Jakarta – Mataram PP dan Temanggung – Yogyakarta – Mataram. Pada tahun 2001 Safari Dharma Raya menambah rutenya dengan melayani jurusan Solo – Semarang – Jakarta PP dan ditahun ini pula mulai memasuki Pulau Sumbawa dengan membuka rute Jakarta – Bima PP.

Tahun 1999 Safari Dharma Raya melakukan kerjasama pengadaan bus untuk keperluan bandara Juanda Surabaya dengan kontrak selama tiga tahun. Berbekal pengalaman tersebut di tahun 2002 PO Safari Dharma Raya mendapat kepercayaan untuk menjadi bus operasional bandara Ngurah Rai, Denpasar dengan kontrak selama lima tahun.

Banyaknya permintaan agar PO Safari Dharma Raya tak sekadar membuka kelas eksekutif dan super eksekutif, di akhir tahun 2000 perusahaan ini menyediakan bus untuk keperluan pariwisata dengan beberapa pilihan kapasitas tempat duduk yang disesuaikan dengan permintaan pelanggan.(AGL)

Editor : Antonius Sulistyo

Tinggalkan Balasan