home Berita Terkini Resiko & Premi Berbanding Lurus

Resiko & Premi Berbanding Lurus

Mobkom-Umum-Asuransi-Resiko-&-Premi-Berbanding-LurusPada prinsipnya pengenaan premi asuransi suatu kendaraan bermotor didasarkan atas beberapa faktor diantaranya seperti jenis penggunaan (hal ini berhubungan dengan profil risiko, ketersediaan suku cadang dan bengkel) serta harga pertanggungan atau harga kendaraan yang diasuransikan.

Berdasarkan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), ada beberapa kriteria kendaraan dapat dimasukkan ke dalam obyek pertanggungan.

  • Kendaraan bermotor yang dapat diasuransikan adalah kendaraan roda dua atau lebih yang digerakkan oleh motor penggerak atau mekanik lain, serta memiliki izin untuk digunakan di jalan umum yang menjadi obyek pertanggungan.
  • Penggunaan pribadi merupakan penggunaan atas kendaraan bermotor tersebut untuk kepentingan angkutan pribadi oleh si pengguna kendaraan tersebut.
  • Penggunaan komersial merupakan penggunaan atas kendaraan bermotor tersebut untuk disewakan atau menerima balas jasa.
  • Penggunaan dinas merupakan penggunaan atas kendaraan bermotor selain dari penggunaan pribadi atau penggunaan komersial.

Dalam hal pertanggungan asuransi untuk kendaraan komersial, memang terdapat perbedaan premi antara truk/bus dengan mobil pribadi, yang didasarkan atas profil atau jenis risiko. Pasalnya kendaraan komersial seperti jenis truk biasanya digunakan di daerah yang rawan (medan ekstrem), dan ketersediaan jaringan bengkel tidak sebanyak bengkel untuk mobil pribadi. (TON)

Editor : Antonius Sulistyo

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan