home Berita Terkini Perlindungan Hanya untuk Kondisi Standar

Perlindungan Hanya untuk Kondisi Standar

Mobkom-image-Perlindungan-Sebatas-untuk-Kondisi-Standar
Perlindungan Sementara Untuk Kondisi Standar

Jenis pertanggungan yang diberikan pihak penyedia jasa asuransi, untuk coverage TLO (Total Loss Only) memang tidak membedakan jenis atau kategori dari kendaraan komersialnya itu sendiri, baik truk atau pikap. Namun berlaku syarat dan ketentuan yang mesti dipahami oleh calon nasabah asuransi.

Coverage yang dimaksud sebatas untuk perlengkapan standar pada kendaraan. Yaitu perlengkapan yang disediakan dan dilekatkan oleh pabrik truk atau pikap yang diasuransikan.

Jika truk Anda sudah dilengkapi dengan bak, boks, tangki atau dump, biasanya harus disurvey terlebih dulu oleh pihak asuransi. Untuk menentukan persentase premi asuransi per tahun.

Premi yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan asuransinya. Seperti produk dari Garda Oto milik PT Asuransi Astra Buana (AAB) berikut ini.

Untuk kategori TLO, premi asuransi untuk jenis truk sebesar 1,69% dari harga kendaraan (on the road). Sedangkan untuk kategori pikap, bus serta mikrobus dikenai tarif premi 0,65% dari harga on the road masing-masing kendaraan.

Menurut Laurentius Iwan Pranoto, head of Marketing Communication & Public Relation AAB, meski begitu tak menutup kemungkinan untuk mengasuransikan kendaraan komersial dengan jenis pertanggungan comprehensive (all risk). “Dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti faktor akomodasi bisnis pemilik bus atau truk yang bersangkutan,” jawab Iwan sapaannya.

Besarnya premi asuransi jenis comprehensive juga berpatokan pada banderol kendaraan komersialnya, mulai dari Rp 150-300 juta sebagai patokan harga pertanggungannya.

Jenis asuransi comprehensive yang ditawarkan Garda Oto untuk kategori truk, pikap, bus serta mikrobus, tarif preminya dipukul rata sebesar 3,64% dari harga on the road masing-masing kendaraan. Keunggulan coverage jenis ini, semua kerugian yang terjadi pada kendaraan dapat tercover dengan asuransi. (TON)

Editor : Antonius Sulistyo

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: