home Berita Terkini, Mobil Kiprahnya Telah Menelurkan 4 Generasi

Kiprahnya Telah Menelurkan 4 Generasi

Mobkom-image-Kiprahnya-Telah-Menelurkan-4-Generasi
Isuzu Panther TBR 52

Kiprahnya di Indonesia tidak perlu diragukan lagi, kelahirannya tahun 1991 diawali dengan diluncurkannya Panther TBR 52, 2.300 cc diesel indirect injection. Sejak saat itu Panther menjadi mitra sejati bagi pengusaha untuk kendaraan niaga, dan hingga kini kiprahnya telah menelurkan 4 generasi.

Generasi pertama lahir tahun 1991 hingga 1996 dengan kode produksi TBR-52. Panther generasi kedua lahir muncul di tahun 1996 dengan kode produksi TBR-54. Generasi ketiga hadir tahun 2000 dan berakhir di 2004-2005, berbekal mesin diesel berkapasitas 2.500 cc dengan kode 4JA1. Sedangkan generasi terakhir merupakan versi facelift yang diawali di 2005 hingga sekarang, dengan kode mesin 4Ja1L.

Isuzu Panther dikembangkan di Jepang dan diproduksi khusus untuk pasar di kawasan Asia, dengan kode Asian Utility Vehicle. Kendaraan yang sejatinya masuk dalam kategori multi purpose vehicle tersebut, pada mulanya hadir untuk menyaingi kelas kendaraan keluarga yang saat itu didominasi Toyota Kijang.

Namanya-pun juga berbeda di tiap negara. Filipina misalnya, Panther dijuluki Isuzu Crosswind, di Vietnam dengan sebutan Isuzu Hi-Lander dan di India dilabeli Chevrolet Tavera lantaran berkolaborasi dengan pabrikan Chevrolet.(AGL)

Editor : Antonius Sulistyo

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan