home Berita Terkini Keberadaan Karoseri layaknya Mitra Sejati

Keberadaan Karoseri layaknya Mitra Sejati

Mobkom-Karoseri-Eksterior-Keberadaan Karoseri layaknya Mitra Sejati
Keberadaan Karoseri layaknya Mitra Sejati

Karoseri yang diistilahkan dengan sebutan body builder dalam bisnis kendaraan komersial, sejatinya pantas disandingkan sebagai mitra sejati bagi para pengguna termasuk pihak agen pemegang mereknya. Sebab keberadaan mereka sangat berperan dalam proses rancang-bangun dari pengembangan konsep eksterior dan interior pada kendaraan komersial.

Pasalnya kendaraan komersial seperti bus, truk maupun pikap umumnya masih dijual model kosongan (sasis) dari showroom resminya. Dan untuk upgrade dari versi sasis menjadi sosok bus, atau mobil pikap yang ingin disulap menjadi mobil toko (moko) lengkap dengan interior pendukung didalamnya, sangatlah bergantung pada jasa karoseri yang juga dapat diandalkan untuk proses peremajaan armada yang sudah berumur.

Keberadaan karoseri kini jumlahnya sudah tak terhitung lagi bak jamur di musim penghujan. Namun begitu beberapa nama besar seperti New Armada, Laksana Karoseri, Karoseri Adi Putro Malang serta Karoseri Roda boleh dikatakan sebagai pemain kuat dalam bisnis ini.

Produk dan Jasa yang ditawarkan mencakup rancang-bangun untuk pembuatan bodi bus, pikap, bak maupun boks pada truk. Seperti PT Mekar New Armada Jaya (Karoseri New Armada) yang berkantor pusat di Jl. Raya Mertoyudan, Magelang, Jateng ini. Produk yang dihasilkannya mulai dari dump truck (bak besi untuk muatan berat), boks besi, boks aluminium, boks composite. Termasuk membuat bodi dan kabin pada minibus, pikap, small bus, medium bus hingga big bus.

Pemain lain seperti Laksana Karoseri dengan production plant di daerah Ungaran, Jateng, lebih fokus pada pembuatan bodi bus. Mulai kategori touring coach yang merupakan identitas dari jenis bus pariwisata, dengan fasilitas kenyamanan lebih komplet ketimbang kendaraan komersial umum sejenis. Adapula jenis intercity bus untuk peruntukan bisnis transportasi antar kota-antar propinsi seperti bus malam, termasuk bis kota.

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan