home Berita Terkini, Bus & Truk Kabin Didesain Untuk Tempat Perlindungan

Kabin Didesain Untuk Tempat Perlindungan

MobKom-image-Kabin Didesain Untuk Tempat Perlindungan
Kabin Didesain Untuk Tempat Perlindungan

Volvo Trucks yang terkenal dengan fitur safety di kendaraan komersial maupun heavy duty, kembali melakukan tes ketangguhan pada semua varian truknya.

Serangkaian pengetesan di laboratorium pun dilakukan, salah satunya lewat sesi tabrakan dari arah depan. Ketika kabin truk Volvo ini ditabrakan secara frontal, tubuh pengemudi akan terkena hantaman besar setidaknya dua kali bobot badannya.

Itu sebabnya mengapa interior harus didesain agar mampu menyerap kekuatan tersebut. Pabrikan truk asal Swedia ini telah merancang kabin truk Volvo sedemikian rupa untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang.

Seperti setir dan dasbor yang mampu menyerap getaran maupun hantaman berat. Sehingga komponen pada interior itu sekaligus dapat dijadikan alat untuk tempat perlindungan bagi pengemudi.

Selain itu kabin juga didesain setinggi lutut, gunanya untuk mencegah luka fatal akibat tabrakan frontal, dan melapis sekujur interior dengan bahan yang terbuat dari material tahan api.

Sedangkan untuk aksesori pada interior, seperti oven microwave dan pembuat kopi, sudah dirancang untuk melekat erat pada struktur bodi. Sehingga memastikan tidak ada benda yang terjatuh atau terlempar ketika terjadi aksi pengereman mendadak.(AGL)

Editor : Antonius Sulistyo

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan