home Berita Terkini JNE Berbeda dengan TiKi

JNE Berbeda dengan TiKi

mobkom-image-jne-berbeda-dengan-tikiPT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, atau lebih dikenal dengan Tiki, didirikan oleh Soeprapto Suparno, pada 26 November 1990. Perusahaan ini merupakan rintisan dari sebuah divisi PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) yang bergerak dalam bidang jasa kurir internasional.

Tahun 1991 JNE melebarkan jaringannya dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA), yang bermarkas di Hong Kong dan kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antarannya hingga ke penjuru dunia.

Meskipun bersaudara, TIKI dan JNE berkembang menjadi dua perusahaan yang memiliki arah berbeda. Karena perbedaan tersebut, pada tahun 2000 JNE meluncurkan logo sendiri yang membedakannya dari Tiki dan resmi berpisah dengan membangun manajemen sendiri.

JNE kemudian melakukan inovasi lewat layanan yang berbeda dengan Tiki. Semula kegiatan usaha JNE memang masih terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantaranya dari luar negeri ke Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu dengan pengembangan produk dan layanan terbarunya, JNE pun menyediakan jasa kurir, logistik logistic, money remittance (pengiriman uang) hingga jasa kargo. (AGL)

Editor : Antonius Sulistyo

 

Tinggalkan Balasan