home Berita Terkini, Mancanegara Eksistensi Kenworth Selama 90 Tahun

Eksistensi Kenworth Selama 90 Tahun

MobKom-image-Mancanegara-90-tahun-Eksistensi-Kenworth
Truk Kenworth

Kesuksesan Kenworth sebagai produsen truk Kelas menengah dan heavy duty dimulai pada 1923. Saat itu, Harry W. Kent dan Edgar K. Worthington mendaftarkan merek Kenworth di Motor Company Gersix. Nama Kenworth sendiri merupakan singkatan dari nama terakhir mereka Kent dan Worth.

Tahun pertama produksi, produsen truk berbasis di Kirkland, pinggiran kota Seattle, Washington, Amerika Serikat, memroduksi 78 mesin enam silinder berbahan bakar bensin untuk truk kecil (light-truck).  Dan sejak saat itu, Kenworth telah menghasilkan lebih dari 900 ribu truk hingga saat ini.

Produsen kendaraan komersial yang juga anak perusahaan dari PACCAR (produsen bus transit dan bus sekolah), merupakan produsen truk pertama yang menginstal mesin diesel sebagai perlengkapan standar di tahun 1933, dan truk pertama yang memiliki tempat tidur di kabin pada 1936.

Tahun 1985, Kenworth mengubah arah produksinya dan fokus pada truk kelas berat, lewat varian T600A. Setahun kemudian, T800 diperkenalkan kepada publik untuk aplikasi dump truck, mixer, logger dan angkut berat untuk medan ekstrem. Dan di 2012 lalu, Kenworth merayakan kesuksesan atas pencapaian penjualan T800 sebanyak 250 ribuunit. (AGL)

Editor : Antonius Sulistyo

Tinggalkan Balasan