home Berita Terkini DP Minimal Dapat Ditekan

DP Minimal Dapat Ditekan

Mobkom-image-DP Minimal dpt ditekan
DP Minimal dpt ditekan

Sejak diberlakukannya aturan baru dari Bank Indonesia mengenai uang muka (DP) minimal untuk kredit kepemilikan kendaraan bermotor, jumlah pembeli kendaraan komersial semakin meningkat.

Sebab dengan hanya melampirkan persyaratan administrasi tambahan seperti SIUP, SITU atau surat-surat lain terkait usahanya, calon konsumen dapat membawa pulang kendaraan komersial incarannya dengan uang muka lebih terjangkau, sekitar 15% dari harga kendaraan yang akan dibeli.

Aturan Bank Indonesia (BI) tentang DP minimal kepemilikan kendaraan bermotor yang diberlakukan sejak 15 Juni 2012 ini, mengatur uang muka kredit melalui bank sebesar 30% dan 25% bila melalui leasing.

Persyaratan administrasi tambahan tadi terkait dengan proses pengajuan kredit, baik melalui lembaga pembiayaan non bank (leasing) maupun bank. Hal ini berdampak pada meningkatnya kredit terhadap kendaraan baru kategori komersial.

Pasalnya lembaga kredit baik bank maupun non bank dapat memberikan uang muka minimal untuk kebutuhan komersil, dimana persyaratan tambahan tadi dijadikan alat bukti bahwa kendaraan yang hendak dibeli memang untuk keperluan bisnis.

Kondisi ini pun diamini Samuel, sales supervisor Auto 2000 di Jakarta, bahwa sejak diberlakukannya aturan BI tentang DP minimal ini memang terjadi peningkatan pengajuan berkas kredit untuk kendaraan komersial. (TON)

Editor : Antonius Sulistyo

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan