home Berita Terkini, Bus & Truk Anggota Baru di Keluarga Isuzu Giga

Anggota Baru di Keluarga Isuzu Giga

Mobkom-Image-Bus&Truk-Isuzu-Keluarga-Baru-Isuzu-GigaPertumbuhan pasar kendaraan komersial yang sangat pesat di Indonesia, mengharuskan seluruh pabrikan truk seperti untuk selalu me-refresh bahkan melakukan update pada seluruh lini produknya. Hal ini untuk mengantisipasi permintaan pasar akan truk kategori medium, yang merupakan salah satu indikator penting dalam pertumbuhan industri di Tanah Air. Pun begitu dengan yang dilakukan PT Isuzu Astra Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Isuzu di Tanah Air, yang beberapa waktu lalu telah merilis tiga varian truk secara bersamaan. Ketiganya merupakan keluarga dari Isuzu Giga dengan model FVR, FVM dan FTR. Model-model ini juga melengkapi versi sebelumnya, Giga FVZ dan FRR, yang diluncurkan terlebih dulu di tahun 2011 lalu.

Baik itu Giga FVR, FVM maupun FTR, sudah dipersenjatai teknologi common rail direct injection yang menyesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan pasar di Tanah Air. Alhasil dibutuhkan proses tes cukup panjang, sebelum akhirnya resmi dilepas ke pasaran domestik Indonesia. Hasilnya di tahun 2010 Isuzu Giga dapat meraih market share teratas di Eropa maupun Asia, termasuk di Jepang di segmen medium truck melalui Isuzu F-series.

Giga FVZ 34 merupakan medium truck 6×4 dengan mesin 6HK1TCS berkapasitas 7.790 cc 6 silinder segaris OHC direct injection bertenaga 285 PS dengan torsi sebesar 90 Kgm pada 1.450-2.400 rpm. Varian ini pun dilengkapi pre-fuel filter dan main-fuel filter untuk menyaring semua kotoran dalam solar. Sehingga kualitas bahan bakar lebih terjaga mutunya. Sedangkan Giga FVR 34 juga termasuk kategori medium truck dengan sistem penggerak 4×2 bermesin 5.193 cc, 6 silinder segaris OHC direct injection. Bobot keseluruhan mencapai 16 ton mampu menghasilkan power hingga 240 PS dan torsi 72 Kgm pada 1.450-2.400 rpm. Sedangkan tipe FVM dengan volume silinder 7.790 cc serta konfigurasi mesin dan sistem bahan bakar yang sama memiliki bobot 24 ton, tenaga hingga 240 ps dan torsi maksimum mencapai 72 kgm.

Model terbaru lainnya seperti Giga FRR 90 4×2. Varian yang dirancang sebagai kendaraan komersial kategori 3 bermesin 4 silinder segaris (4HK1 TC) ini memiliki tenaga maksimum 190 PS di putaran 2.600 rpm, dengan torsi sebesar 52 Kgm di 1.600-2.600 rpm lengkap dengan turbo intercoller dan sistem pengabutan bahan bakar heavy duty common rail. Giga FRR 90 menjadi kategori baru di Indonesia untuk kelas kendaraan komersial dengan bobot 10 ton. (AGL)

Editor : Antonius Sulistyo

Tinggalkan Balasan